Apa perbedaan kargo, ekspedisi, kurir, logistik, dan Jasa angkut pic up?

 

Saya tidak yakin jawaban saya ini tepat atau sama seperti yg terjadi di tempat lain, karena saya bekerja di bagian Cargo Bandara jadi saya cukup paham untuk istilah istilah berikut. Saya jawab berdasarkan pengelaman saya yang bekerja di bidang jasa pengiriman dan warehousing. Untuk singkatnya,

  1. Kargo : ditujukan untuk pengiriman dan penerimaan dengan partai besar dan banyak, mode transportasi yg biasa digunakan adalah pesawat dan kapal laut (PORT to PORT) dan mencakup dalam maupun luar negeri. Cth : barang pindahan, barang kodian, supplies partai, bulk barang elektronik (VUN) dan segala jenis barang yg harus sampai dalam kurun waktu 5–12jam setelah barang itu diserahterimakan kepada ekspedisi, cth : dokumen penting(DOC) barang berharga (VAL) live animals (AVI,PES) tumbuhan (PEF) bahan makanan (PER) dan barang barang berbahaya (DGR)
  2. Ekspedisi : tau JNE, TIKI, POS Indonesia? Yap mereka adalah 3 ekspedisi besar untuk pengiriman/penerimaan barang didalam negeri. Kita bisa mengirimkan barang dalam partai kecil / satuan dan partai besar tergantung berapa maximum kilo dan banyaknya barang yg ditetapkan tiap tiap ekspedisi. Mereka bisa sih kirim keluar negeri tapi jalurnya mereka juga harus menggunakan jasa kargo karena utk urusan itu, pihak kargo mempunyai akses legal untuk hal seperti pengurusan dokumen terbang, atau rilis bea cukai. Ekspedisi yang saya ketahui hanya bertindak sebagai “third party” dalam pengiriman yang kita lakukan. Cakupan pengiriman dan pengantaran barang mereka hanya sebatas dalam provinsi terkait, jika kita ingin melakukan pengiriman keluar daerah atau keluar negeri, mereka akan mengirimkannya dalam bentuk “bulk/banyak” sekaligus sesuai dgn daerah daerah yg dituju. Maka dari itu ekspedisi ekspedisi ini biasanya mempunyai cabang cabang diseluruh Indonesia. (PORT to DOOR)
  3. Kurir : kalau ini yg saya pahami juga adalah orang orang yg ditunjuk pihak ekspedisi untuk mengantarkan barang yg telah dikirimkan lewat ekspedisi tersebut ke alamat yg tertera pada barang. Lain lagi konteksnya jika barang dalam jumlah banyak harus diambil terlebih dahulu dari gudang cargo sebelum disortir oleh pihak ekspedisi, mereka yang datang mengambil kodian barang tsb bisa dipanggil kurir. (DOOR to DOOR)
  4. Logistik : kalau utk istilah ini kami pekerja di gudang cargo biasanya mengartikan ini sbg barang barang yg diperlukan untuk event atau barang kebutuhan pokok pihak tertentu yang harus didistribusikan persegera. Jadi bisa saja bukan yg ada dipikiran kalian seperti pangan pokok, logistik bisa berupan dokumen negara, loh ! (biasanya yg melakukan pengiriman seperti ini adalah pihak pos)
  5. Jasa Angkut Pic up : untuk istilah ini, simple nya orang orang atau perusahaan yg memiliki kendaraan berupa truk atau mobil angkutan barang lainnya disewakan atau dirental kepada pihak yg membutuhkan jasa angkut. Biasanya tujuan rental untuk kirim kirim dan mengangkut barang dengan partai besar yg saya sebut diatas dan dikirimkan lagi ke alamat penerima.

Mungkin tidak terlalu banyak perbedaan mencolok dari kelima istilah diatas, hanya mode transportasi dan jumlah pengiriman yg mungkin membedakan antara satu dengan yg lainnya

Kami di sini bukan merupakan Kargo, Espedisi , kuriri, logistik melaikan kami sebahai jasa angkut solo pic up untuk pindahan dan kirim barang yang mungkin anda memelukan armada kami dan jasa kami untuk mengkat barang besar – besar milik anda yang kami kenakan biaya persekali jalan / per riit .

Share on Facebook Share on Twitter Share on Google

Leave A Reply

Open chat